Top

"Best Solution to Go Online"

Web Development & Consultant in Jakarta

Dunia Online - Jasa Konsultan Pembuatan Website , Online Store, Aplikasi Berbasis Web dan Strategi Branding Online Profesional di Jakarta

Artikel Dunia Online

Diposting tanggal : 01 April 2015

Untuk memiliki sebuah website yang online di dunia maya, selain sistem website itu sendiri kita juga harus memiliki nama domain sebagai alamat website kita dan sebuah server (web hosting) untuk menyimpan file-file website kita agar dapat diakses melalui internet.

Kebanyakan web hosting yang digunakan sekarang berbasis Linux dan untuk mengelola server biasanya disediakan sebuah control panel yang disebut cPanel. Meskipun ada control panel jenis lainnya seperti Parallels, sPanel dan lain-lain, namun cPanel merupakan control panel web hosting yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh penyedia web hosting.

Melalui cPanel ini kita dapat mengelola server antara lain, mengelola file-file website kita, melakukan backup, membuat dan mengelola email, mengatur domain dan lain-lain.  Kira-kira beginilah penampakan cPanel :

 

Dan berikut tutorial membuat dan mengelola akun email melalui cPanel :

  1. Cari icon Email Accounts dan klik.

  1. Anda akan masuk ke fitur Email Accounts dimana anda dapat melihat daftar alamat email account yang sudah pernah di buat (di bagian bawah) dan form untuk membuat akun email baru (di bagian atas)

  1. Untuk membuat akun email, silahkan masukkan nama akun yang anda kehendaki, misalnya domain anda www.dunia-online.com  dan anda ingin membuat akun email dengan alamat emailsaya@dunia-online.com maka cukup masukkan nama emailsaya di kolom email. Kemudian masukkan password anda (2 kali).
  2. Tentukan kuota email (Mailbox Quota) yaitu berapa besar kuota server yang akan anda sediakan untuk akun email ini. Hati-hati dalam menentukan kuota email, karena kuota yang terlalu besar akan membuat kuota server anda menjadi cepat penuh, sedangkan kuota yang terlalu kecil dapat mengakibatkan email-email dengan attachment yang lebih besar dari kuota email akan gagal masuk (bounce).
  3. Jika sudah benar , klik tombol Create Account, maka akun email anda sudah tersedia dan bisa digunakan untuk mengirim dan menerima email.

Cara Mengakses dan Menggunakan Akun Email POP3/IMAP

Anda dapat mengakses dan menggunakan akun email POP3/IMAP yang dibuat melalui cPanel dengan 2 cara, yaitu :

1. Menggunakan Webmail

Webmail adalah fitur atau aplikasi pengelolaan email yang tersedia pada cPanel webhosting. Untuk mengakses email melalui webmail biasanya anda hanya perlu mengakses alamat www.namadomain.com/webmail atau alamat lainnya yang ditentukan oleh provider hosting anda.

Ketika mengakses webmail, anda akan diminta untuk login. Gunakan alamat email lengkap anda untuk login, misalnya emailsaya@dunia-online.com kemudian masukkan password.

Di halaman muka Webmail anda akan diberikan pilihan untuk menggunakan aplikasi email yang tersedia seperti Horde, roundcube dan SquirrelMail. Setiap hosting bisa berbeda-beda, ada yang hanya tersedia 1 aplikasi email yang bisa anda gunakan. Silahkan klik pada aplikasi yang tersedia untuk mengelola email anda.

Dihalaman muka Webmail ini juga tersedia fitur-fitur sebagai berikut :

  1. Change Password, untuk merubah password email anda
  2. Forwarding Options, dapat digunakan jika anda ingin meneruskan (forward) atau mengirimkan copy email anda ke alamat email lain yang anda miliki
  3. Auto Responders, untuk mengatur balasan email otomatis yang akan terkirim setiap kali anda menerima email. Sebaiknya hanya gunakan fitur ini jika anda sedang berlibur atau sementara tidak bisa merespon email yang masuk dengan cepat karena penggunaan Auto responder secara tidak bijak akan ikut menghabiskan bandwith server anda.
  4. Configure Mail Client, dimana anda dapat mengunduh konfigurasi untuk anda gunakan pada mail client di komputer anda.
  5. Box Trapper, adalah fitur anti spam manual yang bisa anda atur dimana email anda hanya akan menerima email dari daftar email yang sudah anda masukkan ke whitelist, sementara email dari alamat yang tidak dikenal akan secara otomatis menerima balasan untuk diverifikasi sebelum emailnya masuk ke dalam inbox anda.

 

2. Menggunakan Mail Client

Anda juga dapat mengakses dan mengelola email anda menggunakan Mail Client, yaitu aplikasi pengelola email di komputer ataupun gadget anda.  Beberapa mail client yang umum digunakan antara lain : Microsoft Outlook, Windows Live Mail, MacOS mail.app, Mozilla Thunderbird dan lain-lain, atau anda juga dapat menggunakan Gmail sebagai mail client dimana kelebihan menggunakan Gmail ini anda lebih mudah mengakses email anda dari mana saja melalui akun Gmail anda. Baca  Cara setting email POP3/SMTP pada akun Gmail